You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
KPA DKI Jakarta, Media Briefing, Peringatan Hari Anak Nasional
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

KPA DKI Adakan Media Briefing Peringati Hari Anak Nasional

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi DKI Jakarta bersinergi dengan sejumlah stateholders menggelar media briefing dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional.

Peran media sangat penting untuk mengedukasi warga

Kegiatan media briefing bertema anak terlindungi, Indonesia Maju digelar untuk mengajak media berperan menyampaikan informasi anak dengan HIV yang selektif serta sarana edukasi kepada masyarakat.

Kepala Sub Koordinator Bagian Kesehatan Biro Kesejahteraan Sosial Setda Provinsi DKI Jakarta, Mariana mengatakan, sebanyak 428.508 jiwa telah melakukan pemeriksaan HIV/AIDS selama tahun 2022. Kemudian data sejak 2019 hingga Maret 2023 telah ditemukan sebanyak 79.628 kasus HIV AIDS.

UNDP Gelar Seminar Nasional Peran Aktif Warga Negara Dalam Pelayanan Publik

Sementara sebanyak 72.442 jiwa sudah pernah mendapatkan pengobatan Anti Retro Viral (ARV). Namun, hanya 33.590 penyandang HIV atau sekitar 51 persen saja yang hingga saat ini masih rutin mengonsumsi obat.

"Pemprov DKI juga telah menyiapkan 202 fasilitas pemeriksaan HIV, 149 fasilitas perawatan dukungan dan pengobatan yang tersebar di rumah sakit, puskesmas, klinik swasta dan rumah tahanan," ujar Mariana, Kamis (20/7).

Ia menjelaskan, pemeriksaan juga dilakukan kepada 237 ibu hamil guna memastikan anak di dalam kandungan tidak terpapar HIV AIDS.

"Sebanyak 180 dari 237 ibu hamil secara rutin telah menjalani pengobatan ARV dan sembilan bayi yng dilahirkan terpapar HIV," jelasnya.

Ia juga mengajak masyarakat tidak melakukan diskriminasi kepada anak yang terpapar HIV di Jakarta.

"Diperlukan pendukung isu anak yang hidup dengan HIV, supaya mereka tidak mendapat diskriminasi," paparnya.

Sementara Manager Program Lentera Anak Pelangi, Riama Siringo mengajak pelibatan media untuk mengedukasi warga agar tidak lagi memberikan stigma negatif kepada anak anak pengidap HIV.

"Peran media sangat penting untuk mengedukasi warga sehingga anak yang mengidap HIV dapat bertumbuh dan berguna bagi bangsa," paparnya.

Sementara itu, perwakilan beritajakarta.id, Farrel Dewantara menambahkan, pihaknya siap bersinergi bersama semua pihak untuk mengedukasi warga agar menghilangkan stigma negatif terhadap anak yang mengidap HIV.

"Kami selaku website berita resmi Pemprov DKI Jakarta memberikan perhatian serius khusus isu seputar HIV. Melalui pemberitaan, kami mengedukasi warga Jakarta," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1213 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1035 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye817 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye769 personBudhi Firmansyah Surapati